Madagaskar, Negara Afrika yang Sangat Indonesia – Part 3

Kunjungi Channel youtube saya DELTA RAHWANDA untuk melihat percakapan langsung saya dengan LEO


Persamaaan antara Indonesia dan Madagaskar juda ada pada makanan. Sebagai contoh Sate ternyata juga menjadi makanan khas disana. Dari dulu, warga disana selalu memakan daging yang ditusuk dengan tambahan bumbu tertentu. Bahkan kata sayur juga sangat mirip dengan bahasa Indonesia yaitu Laoka yang saya kira berasal dari kata Lauk. Leo menambahkan bahwa mereka juga memiliki sambal yang mirip dengan di Indonesia.
Saya sempat membandingkan beberapa kata yang mirip dengan bahasa Madagaskar sebagai contohnya adalah Salama bermakna salam, Vulan bermakna Bulan, Afaka bermakna Apakah, Vatu bermakna Batu, Mulutra bermakna mulut, Tanana bermakna tangan, rama bermakna ayah, afi bermakna api, bahkan ada beberapa kata pengulangan khas bahasa Melayu juga ada di sana seperti kata Gigi disana disebut hihi dan Dada disebut tratra.
            Kita tahu bahwa ada sebuah tradisi pemakaman khas Makassar dimana mereka meletakkan jenazah di lubang-lubang batu dan kemudian hari mereka akan ambil kembali untuk dibersihkan. Ternyata budaya ini juga ada di Madagaskar bernama Famadiana. Diperkirakan budaya ini bersal dari Makassar yang terbawa ke Madagaskar.
            Sesi terakhir ini saya hendak menjelaskan beberapa persamaan kata yang saya temukan antara bahasa Indonesia dan Madagaskar. Beberapa diantaranya adalah Varata bermakna barat, Ranto bermakna rantau, Fasika bermakna pasir, mora bermakna murah, Vulu bermakna bulu, vua bermakn buah, tarika bermakna tarik, samba bermakn sembah, masaka bermakna masak dan masih banyak lagi persaman-persamaan kata yang lain.
            Jadi kesimpulan yang saya dapatkan bahwa memang begitu banyak persamaan antara Indonesia dan Madagaskar yang saya temukan setelah berbincang langsung dengan warga yang berasal dari Madagaskar. Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita warga Indonesia. meski sebenarnya bukanlah sebuah keanehan jika negara-negara yang terletak dalam sebuah teritoy yang sama semisal polinesia memiliki persamaan seperti negara di timur Indonesia; Tonga, Samoa, Kiribati, Fiji, Solomon, Nauru, Palau, Kaledonia kecil, New Zealand, Masrshall dan lainnya. Sekian pengalaman unik ini saya tuangkan dalam blog saya, jika ingin lebih jauh memahami percakan kami silahkan kunjungi video saya bersama beberapa sahabat dari negara lain di channel: DELTA RAHWANDA.





Comments