Nuansa Damai Bukit Selong


Oleh Delta Rahwanda



Gunung Rinjani yang berlokasi di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, merupakan salah satu gunung populer di Indonesia. Gunung ini banyak di kunjungi oleh pendaki lokal ataupun dari mancanegara. Tahukah kalian bahwa gunung ini di kelilingi oleh bukit-bukit kecil khas Indonesia timur? Beberapa tahun terakhir ini, bukit-bukit tersebut menjadi semakin populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Keindahan gunung Rinjani dari kejauhan tentu menjadi alsannya. Gunung tersebut menjadi background foto kita tanpa harus bersusah-sudah mendakinya. Beberapa bukit yang terkenal di antaranya adalah buking Sona, bukit pergasingan dan bukit Selong. Sebenarnya masih banyak bukit lainya yang bisa eksplore untuk melihat Rinjani dari berbagai angle. Namun sayang sekali saya tidak mengingat dengan baik nama bukit-bukit tersebut. Saya hanya mengingat baik nama bukit yang saya telah kunjungi saja. Salah satunya adalah bukit Selong.


Terletak sangat dengan jalan utama menjadikan bukit ini mudah diakses. Bahkan untuk menuju bukit Selong, kita bisa menguunakan kendaraan roda empat dan berhenti hingga di parkiran yang sudah disediakan oleh masyarakat. Kemudian kita berjalan kaki selama 10 menit dan sampailah di bukit Selong. Pada sisi lain terdapat bukit yang lebih tinggi dan bisa kita daki dengan mudah cekup dengan sekitar 10 menit saja. Tentu keindahan yang bisa dilihat semakin bagus dibandingkan bukit pertama. Dari bukit selong kita bisa melihat hamparan sawah yang luas dan bukit-bukit kecil khas Indonesia timur. Di sini uga tedapat beberapa spot foto yang dibuat oleh pengelola.


Jika berkunjung ke sini jangan lupa juga mengunjungi beberapa rumah adat yang terletak tepat di sebelah gerbang masuk bukit Selong. Rumah adat ini hanya dihuni oleh satu keluarga saja yang berasal dari keturunan suku asli di daerah tersebut. Bangunan lainnya dibiarkan kosong namun tetap dirawat dengan baik oleh warga sekitar. Jadi jika kalian berkunjung ke Lombok, jangan lupa berselfie ria di bukit Selong.




Comments