Membingkai Pasir Timbul Pulau Maitam { Wisata Kekinian }



Oleh Delta Rahwanda

Destinasi pulau, pantai dan laut merupakan wisata andalan Indonesia. Sebagai negara maritim, hampir setiap propinsi di Indonesia memiliki wisata pantai, pulau atau laut. Hal ini terjadi karena Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan jumlah pulau yang sangat banyak. Fakta tersebut tentu memberikan manfaat tersendiri bagi kita yaitu unggulnya wisata laut kita dibandingkan negara lain. Sebagai bukti bahwa wisata laut kita unggul adalah pulau Bali, Lombok, Raja Ampat dan lainnya.

Keindahan pulau, pantai dan laut juga menghiasi propinsi paling selatan Sumatra, Lampung. Propinsi ini memiliki begitu banyak wisata pulau, laut dan pantai yang terkenal bahkan dalam sekala nasional seperti Teluk Kiluan dan Pahawang bahkan pantai Tanjung Setia dikenal baik oleh para pelancong dari Australia. Salah satu kabupaten yang kebanjiran wisatawan karena memiliki banyak pantai adalah kabupaten Pesawaran. Secara geografis terletak pada garis pantai selatan Sumatra bersebelahan dengan kabupaten Tanggamus. 


Salah satu pulau yang saat ini tengah digandrungi di Lampung adalah pulau Maitam/ Mahitam/ Maitem yang berada di kabupaten Pesawaran. Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang alami dengan terumbu karang yang masih belum tersentuh. Bagi pengunjung yang senang diving atau snorkeling sebaiknya mengunjungi pulau Maitam. Banyak sekali spot yang bisa dijelajahi. Terdapat juga sebuah tower yang bisa kita panjat hingga atas. Tingginya sekitar 50 meter. Perlu keberanian untuk mencapai anak tangga paling atas. Dari sana pengunjung bisa melihat keindahan laut dan sekitar pulau. Tentu pengalaman tersebut akan memberikan sensasi berbeda bagi para pengunjung.

Alasan yang paling besar mengapa pulau ini banyak dikunjungi wisatawan adalah terdapatnya sebuah pasir timbul yang putih memanjang. Spot ini muncul antara jam 10 pagi hingga pukul 04 sore. Antara bulan April ke Agustus, gugusan pasir tersebut akan terlihat sempurna dan bersih. Bahkan tampak bahwa pulau Maitam sebenarnya menyatu dengan daratan di dekatnya.

Bagi kalian yang berencana ke Lampung maka saya rekomdasikan pulau ini. Kenapa? Karena keindahan pulau itu sendiri yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Berikutnya adalah jarak yang mudah diakses hanya perlu 90 menit untuk sampai ke pulau ini. Murah adalah alasan lainnya karena cukup membayar 10.000 rupiah untuk menyeberang ke pulau bahkan gratis jika kalian sabar menunggu waktu surut sehingga pasir timbul muncul menyambut kalian. Klik disini 1 disini 2 untuk video perjalanan saya di pulau Maitam.

Rute: Bandar Lampung –  Gudang Garam Teluk Betung - Ketapang - Mahitam








Comments