Membingkai “Kabut Emas Selimut Pagi” di Bawang Bakung Geredai




Oleh Delta Rahwanda


            Saya mengenal bukit ini dari seorang sahabat lama semasa kuliah. Bukit Bawang Bakung terletak di desa Kembahang kecamatan Batu Brak kabupaten Lampung Barat. Sebuah bukit kecil namun menawarkan keindahan kabut yang indah apalagi ketika bersatu dengan cahaya matahari terbit maka warna kabut akan berubah mejadi keemasan. Bagi kalian pecinta sunset atau landscape photography, maka bukit Bakung bisa masuk daftar must visit kalian berikutnya.

            Awalnya bukit ini adalah sebuah bukit biasa bagi warga sekitar. Namun seorang sahabat yang juga photographer yang tinggal di kota Liwa menemukan spot indah ini yang jarang ditemukan di kabupaten lain di Lampung. Akses untuk menuju lokasi juga tergolong mudah. Pengunjung dapat menggunakan kendaran roda dua bahkan roda empat. Ketika saya kesana, saya bertemu dengan beberapa pengunjung yang sudah menginap di bukit bakung selama dua malam untuk memfoto sunrise. 

            Jika kalian senang dengan photography, maka saya menyarankan untuk membawa lensa tele agar gambar yang didapatkan semakin variatif. Jika sedang beruntung, kabut akan sangat dekat dengan posisi dimana kita berdiri yaitu di bukit. Namun terkadang juga kabut berkumpul agak jauh dan solusi terbaik adalah membawa lensa tele sebagai persiapan. Ketika saya ke sana, matahari mulai mengintip pukul 5.45 kemudian perlahan bersentuhan dengan kabut pada pukul 6.30. Disinilah momen terbaik menurut saya yaitu ketika cahaya matahari bersatu dengan kabut sehingga menciptakan warna keemasan. 

Rute: Bandar Lampung – Kotabumi – Bukit Kemuning – Desa Kembahang







Comments