Bertandang ke Bukit Kapur Linggapura, Lampung Tengah

Oleh: Delta Rahwanda

Bukit Gamping
          Ini adalah kali ke empat saya ke bukit Kapur yang berlokasi di Linggapura Lampung Tengah. Pertama kali ke sana sekitar tahun 2004 dimana bisa dipastikan belum pernah ada orang yang pernah ke puncaknya. Informasi ini saya dapat dari warga sekitar yang kaget karena melihat beberapa orang berada di puncak bukit kapur. Waktu itu bukit ini masih dipenuhi pohonan hutan yang tumbuh di sekitar bukit. Jika dilihat dari bawah, puncaknya seperti ditutupi oleh lumut namun jika kita sudah berada di puncaknya, tumbuhan yang terlihat seperti lumut tersebut adalah rumput yang tingginya hampir sama dengan saya. Ketika kami menuju puncak juga tidak ada jalan dan kami membuat rute sendiri. Terbilang sulit dan menguras tenaga namun kami berhasil sampai ke puncaknya. Seperti namanya, bukit ini terdiri dari batu kapur yang tingginya kurang lebih 500 meter. Dahulu saya menemukan beberapa goa kecil yang banyak dihuni oleh kelelawar. Yang unik adalah kami berjumpa langsung dengan beberapa kambing liar yang juga menghuni bukit ini. Kambing tersebut sangat lihai berjalan di bukit terjal yang miring. Kemudian saya mengunjungi bukit Kapur ini tahun 2008 dan 2011 dan tampak perubahan yang signifikan di sekitar bukit.

Tersesat ke bukit Gamping

Awal Mei 2017 lalu saya diajak beberapa sahabat saya ke bukit Kapur. Saya langsung mengiyakan karena memang bukit ini mulai dikenal oleh para instagrammer. Perjalanan kami tempuh sejak pagi pukul 07.00. Perjalanan hanya bisa ditempuh menggunakan sepeda motor karena kita akan melewati jalanan kecil dan menyeberang menggunakan rakit atau melewati jembatan gantung. Untuk menuju lokasi kami hanya mengandalkan orang-orang yang kita jumpai di jalan. Hingga akhirnya kami berhenti di salah satu simpang yang kata warga adalah jalan menuju bukit Kapur. Saya sendiri meski telah 3 kali ke sana namun saya lupa arah menuju ke sana. Menyusuri kebun warga selama 15 menit akhirnya kami berhenti karena tidak ada lagi jalan. Kami memang berada di daerah yang tinggi dan dekat dengan sebuah bukit namun tidak begitu jelas. Jalan kaki menuju wilayah yang lebih tinggi kami mulai. Dan ternyata bukit ini bukanlah bukit yang hendak kami kunjungi. Saya masih sangat mengingat puncak gunung Kapur sehingga saya memastikan bukit ini bukanlah bukit kapur. Namun pemandangan yang disajikan dari atas cukup indah. Kita bisa melihat hamparan kebun warga dan sungai yang memanjang hingga mata ini tak mampu melihat ujungnya. Warga sekitar menyebutnya bukit Gamping.

Tengah hari kami melanjutkan perjalanan menuju bukit Kapur setelah mendapatkan info pasti dari warga. Ternyata jaraknya tidak begitu jauh cukup 30 menit dari lokasi sebelumnya. Bukit tersebut sudah banyak berubah terutama sekeliling bukit yang telah penuh dengan tanaman sawit. Di sisi lain juga tampak bekas tambang batu bara. Jalan menuju bukit juga tergolong mudah jika dibandingkan jalan ketika pertama kali saya ke sini. Jalan yang kami lewati adalah jalan yang dibuat warga menuju ke kebun mereka. Bahkan sesekali terdengar suara mesin motor tak jauh dari lokasi kami. Tepat pukul 14.00 kami sampai di puncak bukit. Keindahan yang sama seperti dahulu. Di atas bukit ada sebuah pohon besar yang sangat nyaman dijadikan lokasi berteduh. Tidak lama rasa kantuk menyambut saya. Suasana hening dan sepoi-sepoi semakin membuat saya inginh terlelap sebentar saja.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi bukit ini berikut rutenya. Dari bandar Lampung menuju Pringsewu. Kemudian belok kanan ketika bertemu lampu merah pasar Pringsewu menuju Pasar Poncowarno. Tepat di pasar Poncowarno belok kiri menuju pasar Nyukang. Dari pasar Nyokang kalian bisa bertanya ke warga kemana arah desa Linggapura. Ikuti saja jalan utama menuju Linggapura. Bukit Kapur terletak tidak jauh dari perbatasan desa sekitar 1 km kemudian belok kanan kurang lebih 2 km hingga rumah terakhir milik warga. Dari sini mulailah berjalan kaki menuju bukit Kapur. Lihat perjalanan saya lainnya di sini.