5 (lima) Wisata Populer di Lampung



Oleh Delta Rahwanda

            Sesuai judulnya, pilihan tersebut adalah versi www.deltarahwanda.com karena bisa jadi blogger lain memiliki versi yang berbeda. Mengapa? Karena potensi wisata Lampung yang begitu banyak dan setiap orang punya penilaian masing-masing. Mari kita menuju lokasi pertama:

Pahawang
Lebih tepatnya adalah Puhawang merupakan destinasi nomer wahid di Lampung saat ini. Pada waktu weekend bisa dipastikan kita akan kesulitan menyewa kapal karena semua kapal telah disewa oleh pengunjung. Ramainya pengunjung di Pahawang menjadi fenomena tersendiri. Banyaknya spot yang bisa pengunjung datangi barangkali menjadi salah satu alasannyya. Kelagian Lunik, Kelagian Balak, Mahitam, Tanjung Putus, Balak, Lunik, Helok dan beberapa titik snorkeling adalah pilihan spot ketika berkunjung ke Pahawang. Sangat banyak bukan? Untuk menuju ke lokasi ini juga tergolong mudah. Dari terminal Rajabasa kalian naik angkot menuju Mall Ramayana kemudian memilih angkot lagi menuju gudang garam Teluk Betung. Kemudian mencari angkot lagi menuju pelabuhan Ketapang. Atau bisa juga dengan DAMRI dari terminal Rajabasa yang rutenya menuju pelabuhan Ketapang. Info detail mengenai Pahawang kilk   Melenggang ke Pahawang



Kiluan
Kiluan mulai dikenal awal tahun 2009 dan menjadi wisata andalan hingga saat ini. Berlokasi cukup jauh dari kota Bandar Lampung sehingga kalian harus benar-benar menyiapkan fisik jika berkendara dengan motor menuju Kiluan. Kalian bisa bermalam di pulau Kelapa dan “menjenguk” lumba-lumba yang jumlahnya ribuan. Opsi lainnya kalian bisa melihat laguna dan kiluan lunik. Bahkan bisa berkunjung ke Pantai Gigi Hiu yang merupakan pantai dengan karakter batu karang yang tinggi. Dari Bandar Lampung, arahkan kendaraan kalian menuju Teluk Betung, kemudian menuju Padang Cermin, Punduh Pidada, Desa Bawang hingga berakhir di Kiluan. Totak jaraknya adalah sekitar 90 km namun karena jalan yang sebagian masih rusak maka perlu waktu 4 jam jika menggunakan mobil. Simak salah satu perjalanan saya ke Kiluan di sini.


Krui, Pesisir Barat
Kabupaten ini tergolong muda namun wisata yang ada begitu banyak. Memiliki satu-satunya spor surfing di Lampung dengan ombak raksasanya. Kebanyakan para surfer berasal dari Australia dan terdapat banyak cottage untuk menginap. Ada juga pulau Pisang yang menurut saya pribadi adalah pulau yang paling indah di Lampung. Menuju kesana kalian bisa menumpang bis Putra Krui selama 6-8 jam. Selama perjalanan kalian akan melintasi kabupaten Pringsewu dan Tanggamus.


Krakatau
Gunung anak Krakatau merupakan wisata nasional yang terletak di Propinsi Lampung dan Banten. Merupakan sebuah gunung anakan dari Gunung Krakatau yang pertumbuhannya 5 cm setiap tahunnya dan merupakan gunung berapi aktif. Namun selama tidak ada peringatan dan larangan berarti gunung ini aman untuk dikujungi. Dari Rajabasa kalian menuju kota Kalianda Lampung Selatan dan mengarahkan kendaraan kalian ke pelabuhan Canti. Dari pelabuhan ini kita harus menuju pulau Sebesi untuk menginap lalu keesokan harinya menuju Gunung Anak Krakatau selama 2 jam menggunakan kapal berukuran sedang. Perjalanan saya di GAK di sini.


Way Kambas
Wisata satu ini merupakan wisata “senior” di Lampung. Jika kalian membuka buku Loneny Planet, Way Kambas masih terdaftar sebagai salah satu wisata wajib di Lampung. Namun sayang beberapa fasilitas sudah banyak yang rusak dan terbengkalai. Menuju Way Kambas dari Bandar Lampung saat ini cukup mudah. Hanya tinggal menumpangi bis menuju Simpang Way Kambas selama 3 jam lalu naik ojek untuk menuju lokasi selama 20 menit.


Comments