Sky Burial "Pemakaman Langit"

Oleh Delta Rahwanda


Buku ini merupakan sebuah novel petualangan nan heroik dari seorang dokter muda etnis Cina bernama, Shu Wen. Sejak dahulu saya memang tertarik dengan sejarah kota Tibet yang menjadi latar cerita novel ini. Setting ceritanya adalah ketika invasi kota Tibet oleh negara Cina sekitar tahun 1963. Berawal dari pernikahan Shu Wen dan suami yang masih berusia beberapa hari namun harus terpisah lantaran sang suami mendapatkan tugas wajib untuk membantu para tentara di pedalaman Tibet. Dengan terpaksa Shu Wen mengikhlaskan kepergian suami demi tugas negara. Lama tiada kabar dari suami, hingga akhirnya dia mendapatkan sebuah surat bahwa suami tercinta telah gugur di medan perang. Shu Wen tidak percaya begitu saja, dia bertanya langsung kepada sang komandan namun tidak mendapatkan jawaban yang pasti.

Kemudian Shu Wen memutuskan untuk berangkat sendiri mencari sang suami meski dia sangat awam dengan Tibet. Semua orang melarangnya untuk pergi namun dia bersikeras untuk berangkat. Dia bertekad menemukan sendiri cinta sejatinya itu di pedalaman Tibet. Teror sepanjang perjalanan hanyalah hal kecil yang dilewati, keganasan alam adalah yang terberat untuk dilalui. Hari demi hari terlewati, bulan bahkan tahun. Hingga akhirnya Shu Wen yang telah terlihat seperti warga Tibet asli menemukan informasi mengenai suaminya setelah 30 tahun pencarian. Dibalik rasa kecewa dan kehilangan dia telah menemukan sebuah kepastian mengenai suaminya yang telah meninggal dan menyingkap legenda Pemakaman Langit.


Menurut saya novel ini adalah sebuah guru dimana banyak sekali informasi yang saya dapatkan. Di samping petualangan, saya juga mendapatkan pelajaran mengenai ketabahan, kearifan lokal dan lain-lain.  Bagi kalian yang senang dengan kisah petualangan dan percaya bahwa kekuatan cinta bisa mengubah segalanya, anda perlu membaca novel ini. Diksi yang digunakan penulis, Xinran, juga tergolong apik. Saya pribadi telah membaca novel ini lebih dari dua kali dan menjadikan novel ini sebagai salah satu koleksi saya.

Comments