3 kata tentang Lampung menurut para sahabat (2)

 Oleh Delta Rahwanda

            Pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan 3 kata yang paling banyak disebutkan pada survey yang saya lakukan. 3 kata tersebut adalah Gajah, Pahawang dan Begal. Gajah menduduki peringkat pertama sebagai the most mentioned word, disusul Pahawang sebagai wisata terhits di Lampung dan posisi ketika adalah kata Begal. Alasan kenapa ketiga kata ini menjadi yang paling identik dengan Lampung telah saya jelaskan meski bukan sebuah penjelasan yang pasti dan ilmiah. Kali ini saya akan menjelaskan tiga kata selanjutnya yaitu kata yang menduduki peringkat 4, 5 dan 6. Kata apa sajakah mereka? Lihat di sini untuk tulisan sebelumnya.

sumber: tribunnrws.com

Rajabasa
Terminal satu ini memang cukup dikenal di kalangan warga non Lampung. Waktu saya kuliah di Jogjakarta dulu, banyak sekali kawan bercerita mengenai informasi yang mereka dengar tentang terminal Rajabasa. “Banyak premannya” demikian inti informasi yang mereka dapat. Barangkali, memang benar bahwa terminal Rajabasa beberapa puluh tahun yang lalu terkesan ”angker” karena perbedaan budaya warga lokal dan pendatang (penumpang). Menarik barang bawaan penumpang dan berbicara dengan keras kepada penumpang barangkali menjadi alasannya. Namun saat ini seiring berjalannya waktu, pola dan sistem yang berlaku di terminal Rajabasa telah jauh lebih baik. Bahkan di dalam terminal terdapat pos polisi yang menjamin keamanan para penumpang. Jadi mulai sekarang ga perlu lagi takut kalau kebetulan melintas di terminal Rajabasa.



Kiluan
Teluk ini mulai populer awal tahun 2009 dan masih banyak dikunjungi oleh para wisatawan hingga kini. Jika kalian berkunjung ke teluk Kiluan, kalian bisa mengunjungi beberapa spot wisata seperti pulau Kelapa, Laguna, Kiluan lunik dan wisata lumba-lumba. Kenapa kiluan menduduki posisi ke-5 barangkali karena saya melakukan survey ke orang-orang yang suka jalan-jalan maka muncullah kata Kiluan. Namun, alasan lainnya saya kira memang karena teluk ini banyak di kenal orang. Sebuah majalah nasional pernah meyebutkan 100 surga di Indonesia dan salah satunya adalah teluk Kiluan. Jadi wajar saja kalau Kiluan menjadi peringkat ke-5 dari survey yang saya lakukan.



Pantai
Kata berikutnya memang tidak spesifik namun sebuah kata yang umum. Namun kata ini muncul karena banyaknya potensi wisata pantai di Lampung. Wisata pantai memng menjadi potensi wisata andalan di Lampung. Banyak sekali pantai-pantai yangterkenal yang berada di Lampung. Sebut saja Pantai Tanjung Setia. Labuhan Jukung, Pasir Putih dan lain-lain. Jadi wajar saja bila kata pantai menduduki urutan ke-6



Comments