3 kata tentang Lampung menurut para sahabat (1)

Oleh Delta Rahwanda

Apa yang akan terbersit di benak kalian jika saya menyebutkan kota Yogjakarta? Gudek pasti masuk daftar list kalian, Malioboro juga, Keraton, Sekaten dan lain-lain. Cukup mudah karena Yogyakarta adalah salah satu kota wisata favorit masyarakat kita. Bagaimana jika saya menyebutkan kota Palembang? Mpek-mpek barangkali menjadi kata pertama yang muncul selain jembatan Ampera dan sungai Musi. Bagaimana dengan Bali? Pantai Kute, bule, joger dan beberapa spot wisata lainnya tentu berpotensi muncul di fikiran kalian semua.

Nah kali ini saya akan bercerita sedikit mengenai sebuah survey kecil-kecilan yang telah saya lakukan ke 250an sahabat saya melalui aplikasi pesan pribadi. Pertanyaannya sangat sederhana yaitu “ Sebutkan 3 kata yang identik dengan Lampung menurut kalian”. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih satu minggu karena tidak semua sahabat saya langsung menjawab. Hasilnya saya mendapatkan jawaban yang sudah saya perkirakan sebelumnya. Dari semua jawaban saya mendapatkan 3 kata yang paling banyak disebutkan. Kata apakah itu? Ayo baca terus tulisan ini ya.

GAJAH LAMPUNG

Gajah Way Kambas
Gajah menjadi the most mentioned word alias kata yang paling sering disebutkan oleh para sahabat saya. Entah mengapa gajah sejak dulu identik dengan Lampung. Pengalaman saya pribadi ketika kuliah di Yogyakarta, seringkali kawan saya bertanya “Di Lampung masih banyak Gajah ya?”. Pertanyaan ini sebenarnya agak menyinggung perasaan saya karena makna pertanyaan ini sama dengan Lampung adalah sebuah hutan yang luas yang dipenuhi oleh banyak hewan termasuk gajah. Pertanyaan tersebut biasanya muncul dari seseorang yang belum pernah ke Lampung. But its okay, namanya juga belum tahu. Yang membuat Lampung identik dengan gajah menurut saya adalah karena keberadaan pusat pelatihan gajah Way Kambas. Untuk menuju ke sana kita membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dengan mobil pribadi. Jadi, jika Lampung identik dengan gajah karena keberadaan Way Kambas saya bisa maklumi namun tidak berarti bahwa gajah ada dimana-mana di Lampung. Sedikit informasi bahwa banyak warga Lampung sendiri yang belum pernah berwisata ke Way Kambas alias belum pernah melihat gajah secara langsung. Artinya, di Lampung juga sulit untuk melihat gajah kecuali kita berkunjung ke Way Kambas.

PAHAWANG

Pengunjung di Pahawang
Kata Pahawang menduduki posisi kedua sebagai kata yang paling banyak di sebutkan. Sebenernya Pulau Pahawang tergolong lokasi wisata baru di Lampung jika dibandingkan dengan Way Kambas atau pantai Pasir putih. Namun kekuatan media sosial yang membuatnya populer di samping memang keindahan bawah lautnya juga membuat mata enggan berkedip ketika melihatnya. Untuk menuju ke Pahawang, kita memerlukan waktu 2 jam menuju dermaga Ketapang dan kemudian 1 jam menuju pulau menggunakan kapal nelayan. Di Pahawang kalian bisa mengunjungi banyak spot seperti pulau Kelagian Balak, Kelagian Lunik, Tanjung Putus, Mahitam, Balak, Lunik, Lok dan lainnya yang dijamin menawarkan keindahan khas laut Lampung. Hingga saat ini pengunjung Pahawang berasal dari warga Lampung sendiri, Sumatra Selatan, Jakarta dan Jawa Barat. Di hari-hari tertentu, pengunjung akan sangat membludak hingga akan sangat sulit mencari kapal yang bisa disewa. Bahkan tempat parkir yang begitu luas seringkali tidak muat menampung berbagai kendaraan pengunjung. Hal ini menjadi fenomena tersendiri menurut saya. Jadi sangat layak jika Pahawang masuk pada peringkat kedua.

BEGAL


Saya agak sedih ketika mendapati kata ini menjadi kata berikutnya yang paling banyak disebutkan oleh sahabat-sahabat saya. Namun apa daya saya harus menulisnya pada urutan ketiga. Mengapa begal identik dengan Lampung? Barangkali karena banyak begal yang telah tertangkap dan berasal dari Lampung. Atau karena adanya sebuah desa yang memang banyak begal bermukim di sana? Sebagai warga Lampung, saya kira kita menginginkan sebuah wilayah yang aman dan tentram. Tingkat kriminal memang cukup tinggi namun pemerintah juga giat memberantas aksi-aksi tersebut. Jadi buat kalian yang mau ke Lampung tidak usah khawatir karena sebenarnya Lampung merupakan kota yang aman untuk dikunjungi.


            Tiga kata di atas memang menduduki peringkat tertinggi berdasarkan survey yang saya lakukan. Namun banyak kata lain yang mewakili Lampung berdasarkan jawaban mereka seperti Rajabasa, keripik pisang, Kiluan, Surfing dan lain-lain. Untuk postingan selanjutnya saya akan membahas peringkat 4, 5 dan 6. Namun sebenarnya ada beberapa kata yang sangat populer di Lampung namun tidak begitu dikenal di luar Lampung seperti Sekura, Siger dan Tapis. Pada postingan lain akan saya bahas khusus 3 icon Lampung ini. Stay tune ya. 

Comments