Wanita adalah Mahluk Terkuat



Oleh: Delta Rahwanda


Barangkali masih banyak yang beranggapan bahwa wanita adalah mahluk yang lemah, tak berdaya dan cengeng. Namun anggapan tersebut mulai pudar karena pada kenyataannya saat ini mayoritas wanita tampil dengan kuat, tegar dan mandiri tanpa mengenyampingkan kewajibannya di rumah. Saya setuju ketika wanita adalah sosok yang lemah lembut dan selalu menggunakan hati nurani dalam setiap tindakannya. Sepakat dengan yang ditulis dalam artikel wanita tidak selalu manja namun ada beberapa hal yang saya ingin tambahkan bahwa sebenarnya wanita adalah mahluk terkuat sesuai dengan judul di atas.

Sebagai contoh, menjadi seorang ibu rumah tangga terlihat seperti perkara yang mudah namun jika kita minilik lebih dalam ternyata pekerjaan ini jauh lebih berat dari pada pekerjaan kantoran lainnya. Mulai dari bangun pagi, memasak, memandikan anak, membersihkan rumah kemudian menjaga anak, lalu mendidik anak di rumah dan lain-lainnya. Pekerjaan-pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang berat dan memerlukan waktu yang lama dalam mengerjakannya. Dan satu hal yang paling penting adalah semua pekerjaan itu tidaklah dibayar.


Bukti nyata dari pernyataan saya di atas adalah sosok ibu yang membesarkan saya. Di samping menjadi ibu rumah tangga, beliau juga bekerja sebagai guru di Sekolah Dasar setiap hari. Beliau selalu bangun pagi untuk mempersiapkan sarapan saya dan dua adik saya sebelum berangkat ke sekolah. Beliau juga menyiapkan keperluan kerja ayah saya dan terakhir beliau bersiap-siap untuk berangkat kerja. Seringkali saya melihat bahwa ibu kelelahan sepulang dari kerja namun beliau tetap melanjutkan aktifitasnya di rumah sesaat pulang dari mengajar. Semua dilakukan dengan ikhlas oleh beliau demi keberlangsungan keluarganya.

Dari contoh di atas, tidaklah benar jika seorang wanita adalah sosok yang lemah dan manja. Mereka adalah sosok yang kuat dan perkasa juga tabah. Mereka adalah sosok yang tegar dalam menjalani episode hidup ini. Saya yakin sekali, masih banyak wanita-wanita lain yang tegar dan perkasa di luar sana. Salut untuk kalian!

Comments