Petualangan Kisah Nyata Menjadi Genre Film Favoritku


Oleh: Delta Rahwanda

Artikel 15 film wajib tonton 2016  menyebutkan 15 film wajib tonton pada 2016 ini. Hampir semua film sudah saya tonton dan film kesukaan saya adalah Revenant karena film ini berkisah mengenai petualangan seseorang. Sebuah akting luar biasa dan alur cerita yang sulit diterka menjadikan ini semakin ciamik untuk jadi list film kalian. Ada satu scene yang membuat saya sangat terkesan dengan film ini adalah tatkala Hugh Glass dikejar oleh para perampok yang ingin membunuhnya dan kemudian dia melompat ke jurang untuk menyelamatkan diri bersama kudanya. Akhirnya para perampok tidak mengejar dia lagi karena mereka mengira Hugh Glass pasti telah mati di dasar jurang. Namun dia rupanya selamat dengan kondisi luka parah dan kedinginan dan kuda miliknya mati tepat di sebelahnya. Rasa kedinginan yang sangat membuat dia harus mencari cara agar bisa bertahan hidup. Maka dia membelah perut kuda yang telah mati, mengeluarkan isinya dan kemudian dia tidur di dalam perut kuda tadi. Beberapa waktu kemudian dia terbangung dan menyadari bahwa dirinya masih hidup lantaran tidur di dalam perut kuda. Scene ini menurut saya sangat spesial dan merupakan ide orisinil yang belum pernah ditayangkan di film apapun.

Saya pribadi memiliki beberapa list film kesukaan. Saya menyukai film yang bergenre petualangan namun berdasarkan kisah nyata. Film petualangan membuat saya semakin mengerti berbagai macam sudut  bumi. Dan Kisah nyata mendidik saya untuk mempelajari cara survival orang-orang dalam film tersebut. Banyak sekali film-film petualangan yang berdasarkan kisah nyata. Motorcycle diary berupakan kisah nyata perjalanan panjang Ernesto Guevara menggunakan motor bersama sahabat karibnya. Siapa sangka seorang Revolusioner yang membela rakyat Cuba ini memiliki kisah keliling Amerika Selatan sebelum dia bergerilnya dalam perang. Dari film inilah saya mengetahui bahwa Che Guevara pada dasarnya sama seperti pemuda-pemuda kala itu yang senang menghabiskan waktu bersama kawan-kawan, mencari pacar, kuliah dan hal lainnya. Karena jiwa sosialnya yang tinggi dia merasa harus menghentikan perjalannya di Cuba dan membela rakyat Cuba meski dia bukan warga negara Cuba. Kisah yang menarik bukan?

Kisah perjalanan Che Ernesto Guevara bersama sahabatnya
Film petualangan lainnya adalah The Way Back. Film ini telah saya tonton sebanyak 6 kali. Kisah nyata ini berlatar belakang tahun 1940an tentang perjuangan 5 orang yang awalnya tidak saling mengenal dan kemudian melarikan diri dari camp penjara hutan di Rusia. Mereka melarikan diri menuju selatan hingga ke India. Mereka banyak sekali rintangan yang dihadapi. Bahkan 2 orang meninggal dalam perjalanan melarikan diri ini. Jarak yang mereka tempuh adalah sejauh 5000 mil hingga akhirnya 2 dari 3 orang yang selamat mencapai India dan yang 1 menetap di perbatasan Rusia selatan. Hikmah yang saya dapat pelajari dari film ini adalah bahwa kita harus bersyukur dengan kondisi kehidupan yang kita miliki. Masih banyak orang di luar sana yang hidup selalu dalam kesusahan setiap harinya. Film ini mengajarkan saya bagaimana bertahan hidup dan bersemangat untuk hidup meski ajal hampir datang menjemput. Hidup adalah sebuah keharusan.

Kisah melarikan diri dari Rusia ini sudah saya tonton sebanyak 6 kali

The Track, The Wild, All is Lost, The Way adalah beberapa film kesukaan saya lainnya. Semuanya adalah film petualangan dan berdasarkan kisah nyata. Namun ada satu film yang menjadi idola saya berjudul Into the Wild. Belakangan ini saya baru mengetahui bahwa film ini mejadi film wajib para petualang dan traveler dunia. Berkisah tentang perjalanan seorang Alexander Supertramp ke Alaska seorang diri tanpa menggunakan uang. Uang beasiswa yang mencapai ratusan juta rupiah ia serahkan ke panti sosial sesaat setelah dia lulus kuliah dengan prestasi cum laude. Mobil yang selalu menemaninya dia bakar di tepi sungai dekat hutan. Sejak saat itu ia memulai penjelajahannya ke utara. Hingga akhirnya dia sampai di tempat yang diinginkannya yaitu Alaska. Kisah sedih menutup film ini lantaran suatu hari ia keracuman oleh kentang jalar dan kemudian dia meninggal di sana. Yang menarik adalah, seorang penulis bernama Jon Krakauer mengumpulkan kisah perjalanan Alexander Supertramp melalui beberapa informasi dan surat yang dia dapatkan. Rupanya Alexander selalu memberikan kesan yang baik setiap bertemu dengan orang lain selama dia menuju utara. Tepat di sebelah mayatnya yang telah menjadi tengkorak, Jon menemukan banyak sekali diary yang ditulis oleh Alexander. Dari novel inilah film Into the Wild diangkat ke layar kaca. 

Alexander Supertram menahan perih untuk pose terakhirnya

Setiap orang tentu memiliki selera dan pilihan masing-masing tidak terkecuali mengenai film. Namun yang pasti adalah kita harus mengambil sisi positif dari film yang kita tonton. Harus ada hikmah yang kita dapatkan. Dan satu hal lagi, bukankah pengalaman orang lain adalah guru terbaik?

Comments

Post a Comment