Gerakan #1000tumblers4lpg

oleh: Delta Rahwanda

Puppet show mengenai fakta dan logo plastik

Sejak tahun 2009 saya bekerja sebagai seorang tenaga pendidik. Ada satu hal yang sering mengusik hati saya ketika mengajar anak-anak di salah satu sekolah dasar (Saya mengajar di beberapa tempat  seperti SD, kursusan dan kampus) yaitu ketika mereka selalu membawa minum ke sekolah setiap hari. Telah lama saya perhatikan, mereka menggunakan botol minum yang tidak layak pakai. Padahal air minum yang sehat berasal dari wadah yang juga sehat. Bisa jadi air yang mereka bawa adalah air yang bersih dan sehat namun jika wadah yang mereka gunakan tidak layak pakai maka air yang tersimpan di dalamnya juga akan menjadi tidak baik bagi tubuh. Botol minum yang saya maksud adalah botol minum kemasan berlogo 1 yang sebenarnya hanya boleh dipakai sekali saja dan tidak boleh dipakai berulang-ulang. Dari pengalaman pribadi inilah, saya tercetus sebuah rencana membuat gerakan yang berkaitan dengan ini. Tujuannya agar para siswa mengerti bahwa botol berlogo 1 tidak boleh dipakai berulang-ulang. Tidak ada rasa ragu dalam benak saya karena pada dasarnya ini bukanlah gerakan pertama yang saya pernah buat. Dahulu ketika masih kuliah, saya pernah membuat dua buah komunitas sosial yang fokus di bidang kesehatan anak-anak. Banyak sekali kegiatan yang telah diusung  oleh para relawan. Setelah saya lulus, teman-teman saya yang melanjutkan visi dan misi dua komunitas tersebut.

Tepat tahun lalu, terbentuklah nama komunitas Ruang Jingga yang bermakna rumah tempat berbagi keceriaan dan kebahagiaan. Gerakan pertama yang diusung adalah gerakan membagikan botol minum/ tumbler kepada adik-adik SD/ MI yang diberi nama #1000tumblers4lpg. Gerakan ini fokus kepada manfaat penggunaan tumbler/ botol minum, logo-logo pada plastik dan fakta-fakta sampah yang semuanya saling berkaitan erat.

Fenomena siswa-siswi SD/ MI menggunakan botol minum berlogo 1 adalah karena dua hal yaitu karena mereka tidak tahu dan karena mereka tidak mampu. Ketidaktahuan mereka mengenai logo-logo pada plastik membuat mereka melakukan ini. Ketidakmampuan membeli botol minum yang layak pakai  menjadi alasannya lainnya. Oleh karena itu, gerakan ini datang dengan memberikan solusi untuk dua alasan tadi. “Ketidaktahuan” kita rubah menjadi “Tahu” dengan cara menyampaikan materi tentang logo-logo pada plastik dan kegunaannya. Kita menjelaskan secara detail logo 1 hingga logo 7. Kita juga menjelasakan kaitan penggunaan tumbler dengan sampah plastik. Jika seseorang menggunaan tumbler setiap harinya maka secara tidak langsung dia telah membantu mengurangi penggunaan botol minum kemasan yang bisa menyebabkan penumpukan sampah plastik. Yang unik adalah materi yang kami sampaikan menggunakan media boneka tangan supaya adik-adik lebih mudah memahami apa yang kami jelaskan. Kedua, “Ketidakmampuan” juga kita beri solusi yatu dengan memberi mereka botol minum/ tumbler yang layak pakai secara gratis. Harapan kami botol minum yang mereka pakai sebelumnya tidak dipakai lagi dan beralih menggunakan tumbler yang kami berikan. Tentu dengan menggunakan wadah yang sehat maka akan tercipta juga air yang sehat yang kemudian terbentuk generasi yang juga sehat dan cerdas.

Hingga saat ini, kami telah membagikan sekita 600an botol minum di beberapa sekolah. Kami akan terus bergerak hingga mencapai angka minimal 1000 botol/ tumbler. Berbagai cara positif kami lakukan untuk mengumpulkan tumbler dari donatur. Saat ini kami memiliki stock tumbler yang cukup banyak untuk persiapan kegiatan berikutnya di sekolah lain.

Penukaran botol lama dengan botol yang baru

Di usia 31 tahun ini saya merasa bangga dan bahagia kepada diri saya sendiri dan kepada seluruh kawan-kawan yang telah terlibat kegiatan sosial ini. Hal ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa yang telah kita lakukan dan dapat menginspirasi banyak orang untuk aktif berkegiatan sosial. Di usia muda ini mari kita berkontribusi untuk negara dan menjadi sosok pemuda yang #MudaBikinBangga

Harapan saya dengan gerakan ini cukup sederhana yaitu agar adik-adik dapat menyebarkan informasi yang pernah kami sampaikan kepada adik-adik, kakak-kakak, sahabat bahkan orangtua mereka sendiri dan botol yang telah kami berikan dapat digunakan setiap hari hingga mereka dewasa nanti. Dan kelak mereka menjadi generasi yang mengerti bagaimana menggunakan plastik secara bijaksana sehingga di masa depan bumi kita tidak terusik oleh sampah plastik. Amin

Tanpa kami sadari, kegiatan ini ternyata telah memberi inspirasi kepada beberapa orang yang awalnya tidak saya kenal. Ada beberapa orang menghubungi saya dari luar propinsi di mana saya tinggal. Mereka tertarik dengan kegiatan ini dan berniat untuk ikut andil. Ada juga yang tertarik untuk membuat gerakan yang sama di tempat tinggalnya. Ini di luar dugaan kami ternyata kegiatan ini dapat mempengaruhi orang untuk berbuat baik kepada lingkungannya. Saya pribadi merasakan bahwa sebuah ketulusan akan menjadi sebuah inspirasi bagi sesama.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencari inspirasi dalam berkegiatan sosial ataupun ingin sekedar update informasi terkini, saya merekomendasikan aplikasi Kurio. Beritanya selalu update dan saya yakin dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jadilah pemuda yang aktif dan menginspirasi! #MudaBikinBangga

Saya sedang menjelaskan fakta-fakta plastik dengan media gambar

Icebreaking session dengan kakak relawan

Puppet show mengenai logo dan fakta plastik


Lomba blog Kurio #MudaBikinBangga

Comments

  1. Luar biasa blognya mas delta, sangat2 menginspirasi!

    ReplyDelete
  2. Wehh... ini aku nggak prnah bayangin bisa smpe ada gerakan 1000tumblers4plg kak.
    Inspiratif skali ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment