RUANG JINGGA, #1000tumblers4lpg: SDN 1 Sinarwaya

Oleh: Delta Rahwanda

Adik-adik kelas VI SDN 1 Sinarwaya
Jam tangan saya menunjukkan tepat pukul 09.00 pagi dan terlihat seorang guru berdiri di halaman sekolah. Rupanya beliau sedang menunggu kedatangan kami yang seharusnya sampai satu jam lebih awal. “Ada buka tutup jalan karena sedang di cor pak” jawab saya sesaat setelah beliau menanyakan keterlambatan kami. Perbincangan ringan di ruang guru adalah sesi berikutnya setelah disambut oleh semua guru dan kepala sekolah. Menjelaskan sekali lagi apa tujuan kedatangan kami menjadi tradisi kita meski saya telah menyampaikannya jauh hari sebelumnya. 
Sesi icebreaking dan games
Berselfie Ria

Sesi penyambutan oleh kepala Sekolah SDN 1 Sinarwaya


Pukul 09.30 kami beranjak mengumpulkan adik-adik di halaman sekolah dan memulai agenda kegiatan yang telah kami persiapkan. Dengan sedikit icebreaking dan games membuat adik-adik merasa lebih dekat dengan kami yang baru saja mereka kenal 15 menit yang lalu. Kemudian kami mengarahkan mereka ke dalam kelas untuk mengikuti kegiatan inti. Pada dasarnya kami memberikan beberapa informasi yang sederhana. Namun karena sederhana sering kali diabaikan karena ketidaktahuan. Bahaya, manfaat, pengendalian dan logo-logo pada plastik dan berakhir dengan penjelasan manfaat tumbler adalah materi presentasi yang kami berikan. Kegiatan ini kami tutup dengan pembagian tumbler kepada seluruh adik-adik SDN Sinarwaya. Suka dan cita bercampur menjadi satu ketika melihat mereka begitu bahagia menerima tumbler yang kami bagikan. Benda yang juga sederhana namun begitu bermakna bagi mereka. Setidaknya tumbler tersebut akan merubah kebiasaan yang selama ini menggunakan plastik gula sebagai wadah minum mereka setiap harinya. Terlihat beberapa siswa langsung membuang botol minum kemasan yang mereka telah gunakan berbulan-bulan. Kini mereka mengerti mengapa botol kemasan yang mereka gunakan hanya boleh dipakai sekali dan jika digunakan terus-menerus berdampak tidak baik bagi mereka. Tidak hanya itu, besar harapan kami apa yang telah kami sampaikan dapat disampaikan kepada orangtua dan lingkungan mereka.

Terakhir, kegiatan ini merupakan langkah awal yang berarti bahwa masih akan ada banyak kegiatan serupa yang akan kami adakan di sekolah-sekolah lainnya. Kami masih memerlukan tangan-tangan rekan yang berjiwa sosial untuk mendukung kegiatan ini. Terimakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada para donatur dan relawan yang telah membantu terlaksananya pembagian tumbler di SDN  Sinarwaya. Kami hanya bisa menghaturkan terimakasih yang sedalam-dalamnya, semoga apa yang rekan-rekan telah berikan diganti dengan yang lebih lebih baik oleh Allah SWT.
Berikut adalah beberapa foto kegiatan kami di SDN 1 Sinarwaya:







 

Comments