Dua destinasi di satu titik: Air terjun Lembah Pelangi

Oleh Delta Rahwanda
(Tulisan ini dibuat tanggal 9 November 2015, 14.30. Mohon maaf jika setelah tanggal ini ada banyak perubahan. Info yang saya dapat bersumber dari warga setempat langsung. Mengingat tempat ini sedang dalam tahap pengenalan kemungkinan saja ada beberapa perubahan untuk perbaikan setelah tanggal tersebut)
Air terju Lembah Pelangi 1. Photo by Delta


Air terjun Lembah Pelangi 2. Photo by Fahma
            Penasaran adalah alasan kami menuju air terjun ini. Dan tidak banyak info yang kami dapat. “Barangkali karena tidak menarik makannya sepi info” Sempat terbersit kalimat itu. Antara iya dan tidak untuk berangkat ke sana akhirnya kami memilih iya sebagai pilihan.  Perjalanan kurang lebih kami tempuh 3 jam dari Bandar Lampung dan akhirnya sampai pada titik yang diinginkan. Air terjun yang begitu indah tepat di depan mata. Rasa lelah selama perjalan seketika hilang karena pemandangan yang kami lihat. Air terjun Lembah Pelangi warga di sana menyebutnya. Nama ini muncul enam bulan yang lalu oleh dinas Kehutanan yang sempat mensurvey air terjun ini. “Awalnya tidak ada nama” kata salah satu warga. Setelah dinas kehutanan selesai mensurvey mereka menemui warga dan mengatakan bahwa mereka beri nama air terjun ini dengan sebutan Lembah Pelangi. “Karena sesekali mucul pelangi” kata warga lainnya ketika saya mencoba menelisik lebih jauh tentang info air terjun ini. Wajar saja kalau informasi tentang air terjun Lembah Pelangi sangat minim karena air terjun ini baru dikenalkan sejak 6 bulan yang lalu.

Photo by Fahma

Photo by Delta

Pemberhentian terakhir jika kita membawa kendaraan adalah di kebun pak Topo di pekon Sukamaju. Di sini ada sebuah gubuk milik pak Joko yang juga menjual beberapa botol minuman. Kemudian kita akan berjalan kurang lebih selama 30 menit melintasi kebun pak Sarnok dan akhirnya akan terdengar gemuruh air. Yang juga menarik adalah tempat ini memiliki dua air terjun dengan jarak yang relative sangat dekat. Pertama, air terjun 1 memiliki debit yang lebih besar karena semua air yang jatuh menyatu di satu titik sehingga membentuk kolam khas air terjun. lalu, air terjun 2 terletak tepat di bawah air terjun pertama namun debit air lebih sedikit karena air jatuh di dua titik dengan jarak lima belasan meter di sebelahnya. Air terjun ini mulai dikelola oleh masyarakat lokal dan dinas kehutanan karena kawasan ini adalah area hutan kemasyarakatan.

Rute menuju air terjun Lembah Pelangi: Dari Bandar Lampung – Pringsewu -  Talang Padang – Ulubelu – Simpang Pagar Alam (arah masuk SMA 1 Ulubelu)  – Pedukuhan Sumber Rahmat – Pekon Sukamaju – Kebun Pak Joko/ Topo – Air terjun Lembah Pelangi
Photo by Delta

Comments