Camping ceria di pulau Balak


Sebenarnya saya sedang tidak enak badan, namun karena camping kali ini sudah direncanakan sejak dua bulan yang lalu maka saya memaksakan diri untuk ikut. Alasan lainnya karena ini adalah pulau favorit saya. Tahun lalu saya berkunjung untuk yang ke-tiga kalinya dan momen itu selalu terkenang hingga sekarang. Itu juga salah satu alasan mengapa saya harus ikut. Kami beerkumpul di pelabuhan Ketapang pukul 7 pagi. Lalu kami menyewa 2 buah speed boat untukmenuju ke sana. Hanya perlu 40 menit menuju kesana dengan speed boat. 

Saya dan adik bungsu saya

Three Muskentir

Dermaga Pulau Balak


Sesampainya di pulau Balak, kawan-kawan saya langsung berenang dan snorkling. Saya memilih mancing karena takut makin sakit. Suasana pulau ini begitu spesial. Tidak ada pengunjung selain kami. Inilah yang membuat pulau ini masih asri dan indah. Sore hari kami mengambil kelapa muda yang terletak di pinggir dermaga. Menikmati buah kelapa muda segar di tepi pantai adalah sebuah hal yang luar biasa. Sama seperti tahun lalu ketika saya berkunjung ke sini. Malam harinya kami membuat api unggun dan duduk di dermaga. Bermain gitar dan memasak menjadi aktifitas malam ini.
 Jika kawan-kawan berminat, bisa mencoba pulau Balak. Pulau relatif mudah di capai menggunakan speed boat. Ketika menuju pulau Balak, kita akan melewati banyak spot terkenal karena pulau balak terletak paling jauh. Kita akan melewati pulau Kelagian besar, Kelagian kecil, Pahawang besar, Pahawang kecil dan Tanjung Putus. Jadi kalau kita menuju pulau Balak, kita bisa sekalian berkunjung ke tempat-tempat tersebut.


Snorkelling ria

Levitation project


Bagaimana cara menuju Pulau Balak? Dari terminal Rajabasa naiklah angkot ke arah Tanjung Karang dan berhentilah di Gudang Garam, Teluk. Di Gudang Garam, naiklah lagi angkot yang menuju ke Ketapang. Sampai di Ketapang kita harus menyewa speed boat untuk mengantar kita ke pulau Balak. Its easy. Selamat mencoba!

Comments