Belumlah Pergi, Telah Kurindu


-->Written by Delta Rahwanda

Jika baterai Hp kita habis atau ngedrop maka kita perlu men-charge baterainya supaya hp tadi bisa kita gunakan kembali seperti biasa. Pengisian daya pada Hp haruslah rutin dilakukan dengan tujuan kualitas Hp terjaga sesuai fungsinya. Terkait dengan Ramadhan, begitu pula dengan keimanan kita. Sebagai Syahru At-Tarbiyah, maka kita didik pada bulan ini agar selalu mengingat Kebesaran dan ke-Esaan Allah SWT. Sebagai Syahru A-Ibadah, kita diperintahkan beribadah lebih giat lagi kepada-Nya. Sebagai Syahru Al-Jihad, kita diperintahkan mengatur hawa nafsu kita. Jika selama setahun ke belakang kita telah banyak melalaikan ibadah sunnah, maka pada bulan Ramadhan ini kita diperintahkan meningkatkan aktivitas beribadah kita. Dengan harapan segala kegiatan pada bulan Ramadhan ini bukan hanya sebuah seremonial sebulan saja namun menjadi kegiatan seumur hidup. Ibadah-ibadah tersebut menjadi rutinitas hanya mengharap Ridho-Nya. Maka saya tuliskan (maaf kalau salah) bahwa bulan Ramadhan menjadi media mengisi ulang keimanan kita kepada Allah SWT. Kegiatan ibadah yang kita lakukan semoga terbawa dalam keseharian kita setelah Ramadhan berlalu. Sebagai contoh, shalat Tarawih yang hanya di lakukan pada bulan Ramadhan kita bisa ganti dengan shalat Qiyamul Lail pada malam-malam setelah Ramadhan, Zakat Fitrah bisa kita ganti dengan rutinitas sadaqoh pada keseharian kita dan puasa bisa kita ganti dengan puasa sunnah Senin Kamis ataup puasa sunnah Daud, Tadaruspun menjadi rutinitas setelah Ramadhan.
Dengan adanya tindak lanjut ibadah setelah Ramadhan maka keimanan kita akan menjadi lebih baik setiap tahunnya. Ibadah-ibadah yang kita lakukan setelah Ramadhan menjadi rutinitas hingga kita bertemu pada Bulan Ramadhan tahun depan dimana keimanan kita telah saatnya di-charge lagi. Sekali lagi, Ibadah-ibadah kita pada Ramadhan ini semoga terbawa setelah Ramadhan dan terus dilakukan hingga kita bertemu pada Ramadhan tahun depan. Dengan begitu kualitas keimanan dan ibadah kita akan selalu menjadi lebih baik. Amiin.
Hari ini adalah hari yang ke-19 puasa Ramadhan 1430. Belumlah dia berakhir namun hati ini telah merindu kepadanya. Ya Rabb, pertemukan aku dengan Ramadhan tahun depan.

Comments