World No Tobacco Day 2009

Written by Delta Rahwanda

Besok adalah Hari Anti Tembakau Sedunia, so saya (Delta Rahwanda, red) berencana mengirim artikel untuk kolom opini di harian lokal di Lampung. Semoga asja diterima dan diterbitkan. Buat teman-teman yang perokok mari kita coba untuk tidak merokok sehari saja. Jauhi Tembakau dan rokok! Terbukti berbahaya! Dengan tidak merokok besok tanggal 31 Mei 2009 berarti temn-teman telah berpartisipasi dalam hari penting international ini. Arigato!
Berikut ini sedikit artikel yang akan saya kirim. Sedikit saja karena akan dikirim. 3 Hari lagi InsyaAllah akan saya posting lengkap.

-->
Say No for Tobacco, Never Say Yes to Cigarette
Ditulis oleh Delta Rahwanda
Staff Pengajar di UPT-Balai Bahasa Universitas Malahayati
Jangan masuk! Lorong ini berbahaya dan jika anda memasukinya masalah yang sangat besar akan terjadi kepada anda!” Kalimat peringatan ini tertulis dengan jelas tepat di sebelah kanan pintu masuk sebuah lorong. Sebuah lorong yang gelap dengan bagian depan yang terlihat indah. Namun jelas tertulis kalimat peringatan bahwa lorong ini berbahaya bagi siapa saja yang mencoba memasukinya. Artinya bahwa ada beberapa orang yang telah membuktikannya bahwa lorong ini berbahaya atau beberapa orang pernah melihat bukti bahwa lorong ini berbahaya. Atau mungkin lorong ini sengaja dibuat untuk membahayakan orang-orang yang memasukinya? Sebut saja Iwan yang masih berseragam putih biru lantaran baru pulang dari sekolah mengiyakan ajakan teman-temannya untuk memasuki sebuah lorong yang tepat berada di depan mereka. Teman-temannya tidak perduli lagi dengan peringatan yang jelas terpampang di bagian depan. Dengan percaya diri mereka masuk ke dalam lorong gelap itu satu-persatu dan ada juga yang bersama-sama. Kini giliran Iwan berdiri tepat di depan lorong. Dia terdiam, termenung dan bertanya-tanya “Mengapa mereka tetap masuk ke dalam lorong ini padahal jelas sekali tertulis peringatan bahwa lorong ini berbahaya?!” Iwan mengurungkan niatnya dan pergi.
Cerita di atas hanyalah sebuah ilustrasi dari kisah para perokok. Lantaran melihat teman-temannya merokok, lalu mereka juga ikut-ikutan merokok. Padahal mereka juga tidak mengerti apa fungsi merokok. Bagi para perokok senior (Bertahun-tahun jadi perokok) pastilah akan mengatakan rokok banyak manfaatnya. Mereka akan berkata rokok dapat membuat fikiran lebih tenang, badan jadi relax, santai dll. Wajar saja mereka berkata demikian karena mereka telah kecanduan (addicted) rokok. Namun jika mereka ditanya pertanyaan yang sama ketika pertama kali mereka mencoba rokok, pastilah mereka bingung menjawabnya. Barangkali mereka akan menjawab karena gengsi, ikut-ikutan, diajak teman, biar gaul, sarana mencari teman dll. Namun sayang jawaban-jawaban tersebut bukanlah sebuah jawaban yang berkualitas untuk membenarkan aktivitas merokok.
BERSAMBUNG.......

Comments