ANAK GUNUNG KRAKATAU LEBIH DAHSYAT DARI INANGNYA??!


-->
            Written by Delta Rahwanda
Tahun 2009 ini diberitakan banyak sekali gempa yang diakibatkan oleh Gunung Krakatau. Info ini saya dengar dari mulut ke mulut. Akhirnya penasaran juga dengan kabar angin ini dan saya coba surfing info tentang hal ini. Benar juga, ternyata sering sekali terjadi gempa kecil yang diakibatkan oleh gunung Anak Krakatau. Berikut ini info yang saya dapatkan. “Gunung Anak Krakatau telah mengalami kegempaan hingga 36 kali. Bahkan, gunung itu juga telah meletus hingga lebih dari 400 kali”. Hal itu diungkapkan Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Desa Hargopancoran, Kalianda, Lampung Selatan Andi Suwardi, Selasa. "Sampai pagi tadi, data yang tercatat terjadi gempa vulkanik dangkal 36 kali, letusan 403 kali, tremor 221 kali, hembusan 235 kali. Sedangkan visual masih tertutup kabut tebal, sehingga masih sedikit mengalami gangguan dalam mendeteksi," kata dia. Pihaknya, kata Andi, terus meningkatkan kewaspadaan terhadap pengamatan Gunung Anak Krakatau karena kondisinya berkabut. "Hari ini masih seperti kemarin. Kondisinya berkabut sangat tebal. Namun masih ada letusan setiap lima menit. Sedangkan data gempa dan letusan sampai Selasa sore belum tercatat semua," kata dia. Andi juga menegaskan, karena masih waspada pihaknya berharap agar masyarakat untuk berhati-hati. Apalagi menurutnya masih sering diselingi dengan gempa walaupun skalanya kecil. "Masyarakat agar tetap waspada. Walaupun berkabut masih terjadi gempa, walaupun skalanya kecil, namun berbahaya. Saya imbau jangan ada yang mendekat ke Gunung Anak Krakatau," ujarnya (Source: indie.inilah.com)
Jadi kemungkinan gunung ini akan meletus sangatlah besar. Malah sampai hari ini status siaga telah naik menjadi SIAGA level III. Penulis (Delta Rahwanda, red) hanya ingin sekedar berbagi informasi saja bahwa gunung Krakatau juga pernah meletus pada tahun 1883, tepatnya bulan agustus tanggal 26-27 pukul 10 pagi. Gempa ini mengakibatkan Tsunami yang sangat besar dan bahkan disebut-sebut sebagai Tsunami terbesar yang pernah ada di Samudra Hindia. Suara dentumannya terdengar sampai Australia dan Afrika. Konon katanya kekuatan dentuman Krakatau hingga 30.000 kali bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Wow, sangat dahsyat. Abunya mengakibatkan langit menjadi gelap selama 2 hari dan membuat cahaya langit gelap selama setahun ke depannya. Benar-benar sangat dahsyat! Info ini merupakan sedikit preview dari gunung Krakatau.
Simon Winchester seorang pakar geologi memprediksikan Gunung Anak Krakatau akan meletus di antara tahun 2015-2083 namun sebenarnya tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan gunung akan meletus seperti ibunya. Tapi yang jelas, karena struktur tanah Jawa dan Sumatra yang aneh dan unik besar kemungkinan mengakibatkan Gunung Anak Krakatau akan lebih dahsyat ketika meletus. Wallahu alam..
(Diperbolehkan mengopy dengan syarat meletakkan nama penulis pada bagian yang dicopy)


Comments