Menyaksikan Parade Lumba-Lumba Teluk Kiluan

Oleh Delta Rahwanda

Sepasang Lumba-Lumba

Tiada henti nusantara ini memberikan keelokan pantainya. Salah satunya ada di Provinsi Lampung. Keindahan pantai ini muncul di tengah-tengah lokasinya yang terpencil. Dengan sejuta lumba-lumba yang menari setiap pagi memberikan kesan yang berbeda. Inilah Teluk Kiluan. Teluk Kiluan terletak di kabupaten Pesawaran, Propinsi Lampung. Lokasi wisata ini dapat di tempuh dari Bandar Lampung melalui jalur darat dan memerlukan waktu kurang lebih 4 jam menggunakan mobil. Jaraknya hanya sekitar 90 km namun jalan yang rusak membuat perjalanan ke sana menjadi lama. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi Teluk Kiluan adalah pada saat musim kemarau atau antara bulan April-Oktober karena pada musim kemarau jalan yang akan dilewati kering dan menjadi mudah untuk dilewati.

Apa saja yang bisa kita lihat di Teluk Kiluan? Pertanyaan ini menjadi wajib mengingat rute yang sulit dan apakah sebanding dengan apa yang akan kita lihat nantinya. Pertama, dari Bandar Lampung kita menuju ke arah Gudang Garam, Teluk Betung dan menyusuri jalan menuju desa Padang Cermin. Selama perjalan ini, kita akan menyaksikan lautan biru yang bisa kita nikmati dari dalam mobil. Karena jalan yang kita lewati terletak di sepanjang garis pantai. Sesampainya di pertigaan Padang Cermin arahkan mobil kita menuju desa Punduh Pidada, dari sini jalan mulai rusak dan berbatu. Setelah dari desa ini kita melanjutkan perjalan ke Desa Bawang. Teluk Kiluan berjarak 7 km lagi dari desa Bawang.Sesampainya di Teluk Kiluan kita bisa menyewa cottage sederhana yang terletak di sepanjang teluk. Tempat yang sederhana namun cukup nyaman untuk menginap.

Beristirahat, mandi, menikmati sunset dan makan malam menjadi aktifitas selama di cottage. Keesokan harinya kita akan dibuat terpesona oleh parade lumba-lumba. Menuju lokasi lumba-luma, kita harus menggunakan kapal kecil khas Teluk Kiluan yaitu memiliki kepala runcing dan menjulang yang berfungsi untuk membelah ombak. Tak perlu waktu lama, cukup 45 menit, mata kita akan menyaksikan puluhan lumba-lumba hidung botol menari-nari dan momen ini menjadi kesan tersendiri bagi kita.

Setelah dua jam menyaksikan lumba-luma, kita akan di bawa ke pulau Kelapa. Pulau ini merupakan pulau yang terletak tidak jauh dari cottage. Di pulau ini terdapat banyak sekali pohon kelapa dan pohon-pohon khas pulau. Luasnya kurang lebih 6 hektar. Pulau kelapa juga memiliki beberapa cottage yang biasanya harus dibooking terlebih dahulu. Ada beberapa spot untuk snorkling dan memancing jika anda penghobi aktifitas ini. Jika tidak, anda bisa beristirahat dan menikmati suasana yang ada. Pada malam hari, biasanya akan muncul kepiting, umang-umang besar dan ketam. Jika ingin menyaksikannya kita harus menggunakan alat penerangan. Yang menarik adalah ukurannya yang besar dan jumlahnya yang banyak. Namun kita harus berhati-hati ketika mendekatinya.

Setelah puas dengan keindahan pulau Kelapa, kita juga bisa mengunjungi sebuah laguna yang terletak di balik bukit. Kita harus berjalan kurang lebih 40 menit untuk sampai di laguna ini dan harus menyusuri tepi pantai yang berbatu. Pertama, kita berjalan naik menyusuri bukit dan kemudian turun menuju pantai. Dari pantai, kita bisa melihat rute menuju laguna semakin dekat. Sesampainya di laguna kita bisa menyaksikan keindahan yang ada dan mandi di laguna dengan suasana yang berdeda.

Masih ada dua destinasi lagi yang wajib di kunjungi di Teluk Kiluan. Lokasi ini sedang trend di Lampung yaitu Kiluan lunik dan Pantai Batu Layar/ Gigi Hiu. Jaraknya kurang lebih satu jam dari cottage via darat. Kita akan diantarkan oleh warga lokal menuju pantai Gigi Hiu menggunakan motor. Karakter yang berbeda menjadikan pantai ini juga wajib dikunjungi.

Terakhir, mari kita jaga lokasi wisata kita dengan tidak meninggalkan sampah. Explore lagi wisata kita karena masih banyak surga tersembunyi di negeri ini. Seperti banyak petualang sampaikan bahwa perlu hidup dua kali untuk menjelajahi nusantara ini!